Mengenal Jenis-Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan - PRINTERKomputer.com

Mengenal Jenis-Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan

1 tahun yang lalu    

PRINTERKOMPUTER.COM | TOKO PRINTER DAN KOMPUTER MURAH TERPECAYA - Mengenal Jenis-Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan. Dalam artikel kali ini kita akan sharing tentang jenis-jenis kertas yang digunakan dalam dunia percetakan. Bagi sobat yang kebetulan akan membuka usaha percetakan, mungkin ini bisa menjadi penambah wawasan sobat demi kemajuan usahanya.

HVS

Jenis kertas yang satu ini mungkin yang paling familiar, umumnya dipakai untuk fotocopy / Printer Deskjet. Dan biasanya juga kertas jenis HVS banyak dijual di toko buku. Kertas HVS dibuat dari pulp (bubur kertas) yang tidak mengandung lignin (perekat antar serat di dalam pohon), sehingga tidak mudah berubah warna jika diletakkan di bawah sinar matahari atau sinar lampu.

Art Paper & Matt Paper

Kertas art paper sangat cocok digunakan untuk mencetak foto karena bahannya kurang bisa menyerap air. Sehingga tidak cocok digunakan untuk printer yang menggunakan tinta dye ink yang berbahan dasar air. Tinta yang digunakan untuk mencetak sebaiknya juga jenis tinta art paper untuk hasil cetak yang berkualitas.

Art Karton

Bahan dari kertas art karton hampir sama dengan art paper, cuma perbedaannya gramasi pada art karton lebih tebal. Kertas jenis art karton biasanya digunakan untuk mencetak kartu nama, katalog, brosur dan cetak lainnya yang memang membutuhkan kertas agak tebal. Supaya hasilnya lebih memuaskan biasanya setelah mencetak dilapisi dengan laminating. Sama dengan kertas art paper, kertas ini tidak bisa digunakan dengan tinta dye ink dan sebaiknya menggunakan tinta art paper.

Matte/ Doff Paper

Berbeda dengan art paper dan art karon, jenis kertas ini sangat mudah menyerap tinta sehingga bisa dipakai untuk menyembunyikan kualitas tinta dan printer sekaligus tidak memantulkan cahaya. Jika sobat ingin mencetak foto yang nantinya sering dipegang-pegang atau dibingkai, kertas jenis ini sangat direkomendasikan untuk hasil yang lebih baik.

Sublime Paper

Pernah melihat gambar-gambar di baju/ kaos? untuk mencetaknya maka menggunakan mediator kertas jenis ini. Karena kertas jenis Sublime mampu memindahkan tinta dengan maksimal ke t-shirt.

Double-Side Paper

Jenis kertas ini mampu digunakan untuk mencetak foto dari dua sisi (depan dan belakang). Kualitas foto yang dihasilkan juga cukup bagus, tidak terlalu mengkilap dan cenderung doff. Jenis kertas seperti ini sangat cocok digunakan untuk mencetak pamflet yang membutuhkan dua sisi untuk promosi.

Fiber Matte

Kertas Fiber Base paling tahan lama karena dia menggunakan kertas dengan pH netral. Kertas jenis fiber matte juga biasa dikenal dengan Archival Paper.

Premium Glossy Photo Paper

Seperti namanya, kertas ini mampu menghasilkan cetakan dengan efek yang lebih mengkilap. Walaupun harga kertas ini lebih mahal tetapi mampu menghasilkan cetakan foto yang maksimal dan lebih cerah. Biasanya kertas ini juga disebut high glossy.

Sticker Glossy Foto Paper

Pernah melihat sticker yang menampilkan foto dengan warna dasar kertas putih dan mengkilap? Kertas jenis inilah yang digunakan untuk membuat sticker tersebut. Jenis kertas ini mampu mencetak foto dengan resolusi tinggi.

Laster Foto Paper

Biasanya laster foto paper banyak digunakan untuk keperluan dokumen di perusahaan, karena jenis kertas ini sangat awet bahkan bisa bertahan hingga puluhan tahun, tidak mudah luntur dan bisa menghasilkan efek doff. Permukaan kertas yang mirip kulit jeruk adalah ciri khas untuk membedakan dengan jenis kertas lain. Mungkin kertas jenis ini bisa menjadi pertimbangan dan rekomendasi bagi sobat yang bergerak dibidang digital foto printing.

Glanz Paper

Kertas jenis ini merupakan kertas standar untuk mencetak foto, harganya murah dan dapat digunakan untuk foto resolusi tinggi. Jenis kertas ini dasarnya mengkilap, memantulkan cahaya dan permukaannya lebih lengket terhadap kaca pigura.

Canvas Paper

Jika gunakan untuk mencetak foto akan menghasilkan cetakan dengan sentuhan canvas layaknya lukisan. Hasil akhir cetakan akan menampilkan foto yang persi dengan kertas canvas.

Inkjet Paper

Kalau kertas jenis ini kurang cocok untuk digital foto printing, namun lebih cenderung digunakan untuk keperluan grafis seperti sketsa gambar, arsitektur rumah, grafik bar dan sebagainya. Namun kelebihan jenis kertas ini lebih bagus dari jenis HVS karena serapan pada tinta lebih bagus dan cepat kering.

Metallic Paper

Metallic paper mempunyai permukaan halus sehingga hasil cetaknya terlihat agak mengkilap. Sebenarnya sama dengan glossy namun lebih mengkilap lagi karena ada warna keemasan/ metaliknya.

Demikian tadi jenis-jenis kertas yang digunakan dalam dunia percetakan, sebenarnya masih banyak jenis-jenis kertas namun beberapa daftar di atas yang paling sering digunakan. Kemampuan masing-masing dari tiap individu sangat mempengaruhi hasil akhir cetakan, dengan mengenal jenis-jenis kertas memudahkan untuk menyesuaikan kebutuhan cetak. Jika ingin lebih mendalam mengenal jenis-jenis kertas bisa bertanya kepada orang yang berpengalaman.

 




Komentar Artikel "Mengenal Jenis-Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Dunia Percetakan"