Cara Merawat Printer Inkjet - PRINTERKomputer.com

Cara Merawat Printer Inkjet

6 bulan yang lalu    

PRINTERKOMPUTER | CARA MERAWAT PRINTER INKJET

Tidak bisa dipungkiri Printer Inkjet memang membutuhkan perawatan yang ekstra dan lebih. Hal ini disebabkan karena printer Inkjet atau infuse akan sering rewel bila tidak digunakan pada kurun waktu yang cukup lama. Diantara berbagai permasalahan, umumnya yang sering terjadi adalah tinta tidak keluar. Hal ini akan berdampak pada head print, jika terjadi kerusakan pada head printnya maka perlu dilakukan penggantian. Padahal harga sebuah head print tidaklah murah. Sangat disayangkan, bukan?

Pada artikel kali ini akan dibahas beberapa tips dan cara merawat printer inkjet atau infus agar tetap awet dan bias digunakan sampai beberapa tahun.

 1. Menggunakan printer minimal sekalidalamseminggu

Jika anda membutuhkan sebuah printer inkjet hanya untuk kebutuhan rumahan. Minimal, gunakan printer inkjet anda sekali dalam satu minggu. Penggunaan ini juga punya tujuan lain yaitu agar lubang head print tidak kering. Hal ini sangat fatal bila lubang head print anda tertutupi tinta kering, karena akan menyebabkan mampet dan tinta tidak mau keluar.

2. Menggunakan  tinta jenis air

Hal ini juga tergantung dengan kebutuhan anda. Disarankan anda menggunakan tinta dye base bila digunakan untuk kebutuhan cetak pribadi atau usaha print dokumen. Selain lebih awet, Tinta dye base juga tidak akan cepat kering walaupun hanya digunakan seminggu sekali.

3. Apabila sudah tidak digunakan maka wajib anda

Jika benar-benar sudah selesai dioperasikan dan tidak digunakan, sebaiknya anda  mematikan printer anda dan melepas colokan dari terminalnya. Dalam beberapa kasus, jika printer anda tetap dibiarkan menyala saat tidak digunakan, maka akan muncul potensi kerusakan pada mainboard printer anda.

4. Jangan menunggu tinta anda habis duluan lalu

Jika tinta anda tersisa ¼ dari total isi tabung, maka segera isikan kembali tinta pada printer anda. Jangan menunggu habis lalu mengisinya, Hal ini akan berakibat headprint bermasalah karena tidak adanya tinta yang keluar.

5. Lakukan Head Cleaning

Dalam membersihkan headprint, setiap printer mempunyai setting perawatannya tersendiri. Jika terdapat tinta yang tidak keluar, maka gunakan proses head cleaning. Proses head cleaning akan membersihkan dan menguras bekas tinta yang menempel di headprint dari cetakan yang sebelumnya.

6. Bersihkan dari debu

Selain beberapa hal diatas, coba sesekali anda membersihkan fisiknya dari debu yang menempel. Debu yang tidak menempel ini akan memberikan efek fatal bila tidak dibersihkan. Apalagi bila sampai masuk kedalam komponen printer yang pastinya akan mengakibatkan korosi dan beberapa hal berbahaya lainnya.

7. Menggunakan kertas yang sesuai

Untuk hasil cetakan dan keawetan printer anda, maka gunakanlah kertas yang sesuai dengan printer anda baik dari segi bahan dan ukuran. Jika anda paksa menggunakan kertas yang tidak sesuai dengan yang seharusnya, maka akan berakibat fatal dan menyebabkan roller printer inkjet anda rusak.

8. Jangan digunakan terlalu lama.

Untuk yang memiliki usaha pengetikan dan print, maka printer akan digunakan selama beberapa jam dan cukup lama. Hal ini tidak baik karena printer juga punya batasan angka maksimal printing. Sehingga akan lebih baik bila anda matikan beberapa saat terlebih dahulu kemudian hidupkan kembali.

9. Meletakkan botol infus sejajar dengan Printer

Letakan botol infuse sejajar dengan printer, jangan letakkan diposisi atas atau bawah printer. Hal ini disebabkan karena letak botol infuse mempengaruhi sirkulasi tinta yang masuk kedalam printer.

 

Bagaimana ? sudah paham tentang cara merawat printer inkjet yang benar ?

 

Sumber : https://blog.bukupedia.com/cara-merawat-printer-inkjet-agar-awet-bertahun-tahun/




Komentar Artikel "Cara Merawat Printer Inkjet"